Cara Menghitung Kebutuhan Kalori Harian Tubuh

Semua orang pasti sangat mendambakan hidup yang sehat dan seimbang,

begitu juga dengan kita kan???

Dalam mencapai hidup yang sehat dan seimbang, maka kita harus menyesuaikan jumlah kalori yang kita butuhkan dan jumlah kalori yang kita keluarkan…

Mungkin anda juga dari dulu ingin mencari-cari bagaimana untuk menghitung kalori yang kita butuhkan kan???

Nahh… saat ini anda sudah masuk ke situs yang tepat untuk mencari yang menjadi pertanyaan anda selama ini…

Cara Menghitung Kebutuhan Kalori Harian Tubuh kita :

Langkah 1 :

Hitung Berat Badan Ideal (BBI) anda,

Jika anda ingin mengetahui bagaimana cara menghitung Berat Badan Ideal (BBI) anda maka [Silahkan Klik Disini]

Langkah 2 :

Setelah anda menghitung BBI anda,

Lalu hitunglah kebutuhan kalori basal anda,

dan jika anda ingin mengetahui bagaimana cara menghitung kebutuhan kalori basal anda maka [Silahkan Klik Disini]

Langkah 3 :

Tambahkan Faktor Aktifitas dan Stress pada kebutuhan kalori basal :

  • Tambahkan 10 – 20% pada aktifitas Ringan
  • Tambahkan 20 – 20% pada aktifitas Sedang
  • Tambahkan 40 – 50% pada aktifitas Berat

Jika anda kurang mengerti, silahkan Lihat Tabel dibawah ini dan sesuaikan dengan yang anda lakukan setiap hari :

                                            Tabel Klasifikasi Aktivitas Harian

Ringan Sedang Berat
(tambahkan 10 -  20%) (tambahkan 20 – 30%) (tambahkan 40-50%)
Menyetir mobil (10%) Kerja rumah tangga (20%) Aerobik (40%)
Mengajar (20%) Bersepeda (30%) Bersepeda mendaki (40%)
Berjalan (20%) Bowling (20%) Panjat tebing (50%)
Kerja kantoran (10%) Berjalan cepat (30%) Dansa (40%)
Memancing (20%) Berkebun (30%) Jogging (40%)
Membaca (20%) Atlit (50%)

Langkah 4 :

Kurangi perhitungan Kalori Basal pada kondisi Kelebihan Berat Badan (BB) dan disesuaikan dengan Usia

Tabel Klasifikasi penyesuaian perhitungan kalori berdasarkan Berat Badan & Usia

Kondisi & Umur Koreksi
40 – 59 tahun  - 5%  (minus)
60 -69 tahun - 10% (minus)
> 70 tahun - 20% (minus)
BB lebih - 20 s/d 30% (minus; tergantung derajat obesitas individu)
BB kurang + 20 s/d 30% (plus; tergantung derajat kekurusan individu)
Stress dan Infeksi + 10 – 30 – 40% (plus; terantung berat ringannya penyakit)

Maka Total Kebutuhan Kalori Harian dapat dihitung dengan rumus :

Total Kebutuhan Kalori Harian = Kebutuhan Kalori Basal + Koreksi Faktor Aktivitas – Koreksi Faktor Usia

Body Mass Indeks (BMI)

Rumus : Berat Badan (kg) / (Tinggi Badan (meter) x Tinggi Badan (meter))

URAIAN BMI
UNDER WEIGHT < 18,30
NORMAL 18,5 - 25,00
OBESE I > 25 - 30,00
OBESE II > 30 - 40,00
OBESE III > 40

Contoh :

Seorang wanita, Ibu Rumah Tangga, berinisial GD, berusia 61 tahun, Berat Badan 55 kg, Tinggi Badan 160 cm, jarang berolahraga, saat ini dalam kondisi baik. GD bermaksud untuk mengatur pola makan hariannya dan membatasi asupan karbohidratnya. Bagaimana menghitung kebutuhan kalori hariannya???

Jawaban :

1. Karena GD adalah wanita dan memiliki Tinggi Badan = 160 cm maka dihitung dengan rumus:

Berat Badan Ideal (BBI) = [(Tinggi badan dalam cm - 100) x 1 kg] x 90%

= [(160 - 100) x 1] x 90%

= 54 kg

2. Karena GD adalah wanita maka Kebutuhan Kalori Basal dihitung dengan rumus : BBI x 25 kkal

Kebutuhan Kalori Basal = BBI x 25 kkal

= 54 x 25 kkal

= 1.350 kkal

3. Karena GD adalah seorang ibu rumah tangga, jarang berolahraga maka Berdasarkan Tabel Klasifikasi Aktivitas Harian = 20%

Koreksi Faktor Aktivitas = Kebutuhan Kalori Basal x Tingkat Aktivitas

= 1.350 x 20%

= 270 kkal

4. Karena GD sudah berusia 61 tahun = (-10%) minus

Koreksi Faktor Usia = Kebutuhan Kalori Basal x Tingkat Usia

= 1.350 x 10%

= 135 kkal

Maka Total Kebutuhan Kalori Harian GD :

= Kebutuhan Kalori Basal + Koreksi Faktor Aktivitas – Koreksi Faktor Usia

= 1.350 + 270 – 135 kkal

= 1.485 kkal

Body Mass Indeks (BMI) = BB (kg) : (TB x TB)

= 55 : (1,60 x 1,60)

= 55 : 2,56

= 21,48 kg/m2  ==> Klasifikasi BB Normal, Tidak ada koreksi karena BMI Normal

Nahhh…

Jadi sudah tahu kan bagaimana cara menghitung kebutuhan kalori mu setiap hari???

Selamat menghitung & mencoba yah…

Dan jika kamu ingin melihat artikel tentang dunia kesehatan, komputer, musik, serba-serbi silahkan Baca di halaman Blog Saya atau Klik Link berikut ini fridolinmanurung.wordpress.com

Bye Friends…

12 Comments

thanks kak, copas buat tugas yah?

yupzzz silahkan di copas

kak, ini masi aktif kah blognya? mau nanya2 soal kalori,. hehehe

masih aktif
tapi jarang di update karena banyak kerjaan
kalau mau bertanya langsung ke nomor saya aja kathleen

Mau tny, sumber dari mana ya?

Sumbernya saya dapat dari Panduan Kesehatan saat saya berobat di Klinik YAKES TELKOM.
Kebetulan klinik tempat saya berobat disitu karena dibiayai kantor

permisi ,mau nanya nie kalau diketahui jumlah kalori per tingkat aktifitas fisik seperti aktifitas fisik ringan kalori yg dibutuhkan 2000 kkal perhari, untuk menghitung keluaran kalori nya sehingga 2000 itu dri mana ya trus kalau dilihat dari kegitan per item seperti makan kan cma 0,4 kkal/jam, dan ditambah kegiatan lain apa emng bisa smpai dg 2000 tersebut?

makasih banyak infonya kak,bantu bgt buat tugas nih

Terima kasih kembali

21.875

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: