Multi-User

Multi-user adalah istilah yang mendefinisikan suatu sistem operasi atau perangkat lunak aplikasi yang memungkinkan akses bersamaan oleh beberapa pengguna dari sebuah komputer . Waktu-berbagi sistem adalah multi-user sistem. Kebanyakan batch processing sistem untuk komputer mainframe juga dapat dianggap “multi-user”, untuk menghindari meninggalkan CPU menganggur sementara menunggu untuk I / O operasi untuk menyelesaikan. Namun, istilah ” multitasking“lebih umum dalam konteks ini.

Contohnya adalah Unix server di mana pengguna memiliki akses beberapa remote (seperti melalui Secure Shell ) ke Unix shell prompt waktu yang sama. Contoh lain menggunakan beberapa X Window sesi tersebar di beberapa terminal didukung oleh mesin tunggal – ini adalah contoh penggunaan thin client . Fungsi yang sama juga tersedia di bawah MP / M , DOS serentak , Multiuser DOS dan FlexOS .

Sistem manajemen secara implisit dirancang untuk digunakan oleh beberapa pengguna, biasanya satu sistem administrator atau lebih dan pengguna akhir masyarakat.

Istilah komplementer, single-user, yang paling sering digunakan ketika berbicara tentang sebuah sistem operasi yang digunakan hanya oleh satu orang pada satu waktu, atau dalam referensi untuk single-user perjanjian lisensi perangkat lunak . Sistem operasi multi-user seperti Unix kadang-kadang memiliki negara pengguna tunggal atau runlevel yang tersedia untuk pemeliharaan darurat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: