Multi-User2

Multiuser 2

Inkarnasi saat multiuser (versi 1.8) telah ada selama beberapa waktu, dan melakukan pekerjaan itu sangat baik. Itu memang memiliki beberapa inkonsistensi dengan seluruh dunia UNIX yang membuatnya sedikit rasa sakit untuk melayani, jika Anda porting kode UNIX. Multiuser 2 akan menghapus inconsitencies, dan memperpanjang sistem multiuser untuk mengintegrasikan dengan perangkat lunak jaringan.

Tujuan

Daftar berikut menunjukkan bertujuan untuk masa depan sistem multiuser. Yang pertama mungkin 5 akan berakhir di Multiuser 2

  1. UNIX kompatibilitas yang lebih baik
  2. Integrasi dengan AmiTCP / IP
  3. Dukungan yang lebih baik filesystem asli
  4. Filesystem Lengkap keamanan, dengan penegak FileSystem
  5. Plugin sistem untuk enkripsi password, pengguna-otentikasi, penyimpanan akun Info / pengambilan
  6. Memori kontrol – kontrol akses ke daerah memori. (Membutuhkan MMU)

Kompatibilitas yang lebih baik UNIX

Multiuser 2 memperkenalkan konsep Sesi. Sesi adalah sekelompok proses, biasanya terkait dengan pengguna yang telah login ke sistem. Model sesi memungkinkan kontrol yang lebih baik atas proses berjalan pada mesin, dan apa yang bisa mereka lakukan. Di masa depan, mungkin untuk membatasi akses ke perpustakaan intuisi untuk sesi yang terkait dengan remote login (melalui BBS atau internet).

Multiuser 2 juga swap UID dari akar dan tidak ada, untuk membawa mereka ke sejalan dengan sisa dunia UNIX. The downside adalah bahwa hal ini akan ‘istirahat’ sebagian besar perangkat lunak Multiuser-kompatibel yang ada (akan perlu mengkompilasi ulang).

Integrasi dengan AmiTCP / IP

‘Internet Technology’ yang paling tersedia secara bebas dalam bentuk kode sumber, untuk platform UNIX. Perpustakaan ixemul membuatnya mudah untuk port kode untuk berjalan di Amiga – contoh yang baik dari hal ini adalah Apache, web server.

AmiTCP / IP termasuk usergroup.library yang juga membantu dalam aplikasi internet port dengan menyediakan ‘bodoh’ pelaksanaan dan pelacakan sesi pengguna credential.

Multiuser 2 akan menyertakan pengganti usergroup.library yang rute melalui sistem multiuser yang sebenarnya, sehingga memungkinkan kontrol akses dalam banyak aplikasi internet.

Jadi, mengapa ini berguna? Pertimbangkan telnet server berjalan pada sebuah Amiga tanpa sistem multiuser diinstal. Siapapun login melalui telnet server dapat memformat hard-disk dan menyebabkan masalah bagi pengguna yang sah. Instal multiuser 2, dan telnet server menjadi aman dengan hanya memberikan tingkat perlakuan yang tepat untuk pengguna login

Dukungan yang lebih baik filesystem asli

‘Filesystem asli’ istilah dalam kaitannya dengan multiuser mengacu pada filesystem yang telah ditulis untuk bekerja dalam hubungannya dengan sistem multiuser untuk memungkinkan akses yang aman ke isi partisi yang akan diinstal. Filesystem asli adalah kunci ke bagian utama dari sistem multiuser. Tanpa dukungan filesystem asli, sangat mudah (bagi seseorang in-the-tahu) untuk menghindari lapisan Multiuser keamanan dan mendapatkan akses / menghapus file Anda.

Saat ini ada 3 filesystem yang berbeda yang multiuser sadar. Mereka MultiUserFileSystem, AmiFileSafe / Profesional FileSystem dan SFS. Multiuser 2 termasuk satu set baru fungsi API yang akan membantu pihak ketiga pengembang filesystem membuat filesystem mereka Multiuser sadar dan baik terintegrasi dengan multiuser.

Juga dalam pengembangan adalah port Amiga dari ‘Perpanjangan Kedua’ Linux, atau filesystem ext2. Filesystem ext2 memiliki beberapa keunggulan dibandingkan FastFileSystem dalam hal kinerja dan arsitektur, dan karena masa depan Amiga tampaknya berbasis Linux, ext2 tampaknya menjadi pilihan yang logis untuk sebuah HD Amiga.

Juga direncanakan adalah port dari SGI XFS filesystem – mungkin salah satu dari filesystem yang paling canggih tersedia saat ini. SGI mengumumkan bahwa mereka akan merilis sumber untuk XFS bawah lisensi OpenSource untuk dimasukkan dengan sistem operasi Linux. XFS juga merupakan pilihan yang logis untuk sebuah HD Amiga.

Filesystem Lengkap keamanan, dengan Enforcer FileSystem

Salah satu manfaat menginstal MultiuserFileSystem adalah bahwa Anda tidak perlu format hard drive anda dan menginstal ulang isi itu. Alasan untuk ini adalah bahwa MultiUserFilesystem adalah versi patch dari FastFileSystem tersebut. Ini berarti data yang disimpan pada disk dalam format yang sama seperti FastFileSystem tersebut. Patch membuat filesystem berkonsultasi dengan multiuser.library untuk mengetahui apakah seseorang diijinkan untuk mengakses file tertentu dengan cara tertentu.

Dengan munculnya disk drive besar, FastFileSystem harus ditulis ulang untuk dapat mengatasi dengan 64-bit offset. Sayangnya, karena cara patch untuk FastFileSystem asli diciptakan, kita tidak memiliki keahlian untuk memperbarui MultiuserFilesystem untuk bekerja pada hard disk besar.

Kami memutuskan bahwa akan berguna untuk memiliki cara untuk membuat sebuah sistem berkas yang ada Multiuser sadar, tanpa harus patch itu. Para Penegak Filesystem lahir …

The Enforcer Filesystem penyadapan operasi pada filesystem pada tingkat paket, dan cek dengan perpustakaan Multiuser untuk melihat apakah mereka harus diteruskan filesystem, atau ditolak

Para Penegak Filesystem akan memungkinkan Anda untuk mengaktifkan kontrol akses untuk SEMUA volume pada mesin Anda, terlepas dari filesystem yang diinstal pada mereka.

Plugin sistem untuk enkripsi password, pengguna-otentikasi, penyimpanan akun Info / pengambilan

Multiuser 2 akan mencakup kerangka extensible yang akan memungkinkan ekstensi pihak ketiga untuk sistem multiuser. Sistem plugin akan memungkinkan ekstensi dengan cara bahwa password enkripsi, otentikasi pengguna dan informasi account yang ditangani oleh sistem.

Ini akan memungkinkan seseorang untuk menulis sebuah modul yang memungkinkan Anda untuk Amiga cocok dengan jaringan yang menggunakan NIS, LDAP dll, tanpa harus menulis ulang sistem multiuser.

Memori kontrol – kontrol akses ke daerah memori.

Johan datang dengan ini – multiuser dapat melacak proses yang mengalokasikan blok tertentu memori, menyediakan alat yang berguna untuk pengembang.

Pasangan ini sumber daya pelacakan dengan Unit Manajemen Memori (MMU) dan multiuser harus mampu untuk menegakkan kontrol akses pada daerah dan / atau blok memori, berdasarkan hak istimewa dari proses dan / atau berkaitan dengan proses.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: