10 Orang Terkaya di Dunia Tahun 2012

10 Orang Terkaya di Dunia Tahun 2012

Majalah Forbes adalah sebuah majalah bisnis dan finansial Amerika Serikat yang didirikan pada 1917.

Majalah yang bermarkas di Fifth Avenue di New York City ini terkenal akan daftar perusahaan-perusahaan dan orang terkaya di dunia.

Saat ini kita akan membahas mengenai 10 Orang Terkaya Di Dunia Tahun 2012 versi Majalah Forbes :

1. Carlos Slim Helu (US$ 69 Miliar = Rp 621 triliun)

Pria kelahiran 28 Januari 1940 ini memulai bisnis nya dari jualan minuman dan makanan ringan sejak umur 10 tahun. Carlos Slim Helu yang merupakan putra dari seorang imigran miskin asal Lebanon ini terpaksa jualan sejak umur 10 tahun untuk menghidupi keluarganya sampai akhirnya dia bisa kuliah dan membangun perusahaan real estate serta bekerja sebagai broker di bursa saham Mexico. Dan pada saat ini di usianya yang sudah menginjak 72 tahun, Carlos Slim Helu dinobatkan menjadi orang terkaya di dunia dengan nilai total kekayaan berkisar US$ 69 Miliar atau sekitar Rp 621 triliun.

 

2. Bill Gates (US$ 61 Miliar = Rp 549 Triliun)

Pria dengan nama asli Wiliam Henry Gates III atau yang sering dipanggil Bill Gates ini lahir di Seattle Washington, 28 Oktober 1955. Bill Gates adalah pendiri dan ketua umum perusahaan perangkat lunak, Microsoft. Usaha Bill Gates untuk menjadi salah satu orang terkaya di dunia seperti saat ini bukanlah mudah, Bill Gates hanya tidur 8 jam dalam seminggu saat dia mengembangkan Windows untuk pertama kalinya. Saat ini Bill Gates memiliki harta kekayaan senilai US$ 61 Miliar atau setara dengan Rp 549 Triliun.

Coba bayangkan jika semua harta kekayaan Bill Gates ditukarkan dengan uang pecahan US$ 5 maka uang Bill Gates itu bisa menutupi Manhattan, New York

atau jika ditukarkan dengan uang pecahan Rp 1.000 maka Bill Gates bisa menyambung uang pecahan Rp 1.000 tersebut bahkan sampai lebih dari 68 kali jarak bumi ke bulan. Wow…

 

3. Warren Buffett(US$ 44 Miliar = Rp 396 Triliun)

Warren Edward Buffett lahir di Omaha, Nebraska, Amerika Serikat pada tanggal 30 Agustus 1930. Pria yang dijuluki “Oracle from Omaha” ini dapat mengembangkan bisnis nya hanya dalam kurun 29 Tahun dari dana US$ 100 (Rp 900ribu) menjadi US$ 57,4 Miliar (Rp 516,6 Triliun). Gila bukan???

Warren Buffett terkenal sebagai pebisnis yang suka membeli perusahaan yang sedang berkembang. Tapi pria ini lebih suka membeli perusahaan yang akan tumpur atau dengan harga rendah tetapi untuk masa depan memiliki potensi yang besar untuk sukses.

Seiring berjalannya waktu harta kekayaan Warren Buffett semakin berkurang. Sampai pada saat ini harta kekayaan Warren Buffett adalah senilai US$ 44 Miliar atau sekitar Rp 396 Triliun.

 

4. Bernard Arnault (US$ 41 Miliar = Rp 369 Triliun)

Bernard Arnault lahir pada tanggal 5 Maret 1949 di Prancis. Taipan asal Prancis ini lebih banyak menggerakkan bisnis nya di bidang fashion. Merek-merek produk terkenal seperti Louis Vuitton, Christian Dior, Dom Perignon, Givenchy, Sephora, jam tangan terkenal merek TAG Heuer, Zenith, dan lain sebagainya adalah dibawah kendali Bernard Arnault. Bernard selalu mengutamakan kualitas produk-produknya untuk tetap menjaga nama baik merek nya. Terutama jika yang membeli adalah orang Jepang, karena orang Jepang adalah tukang hitung. Maksudnya jika setiap ingin membeli suatu barang, maka orang Jepang akan selalu menghitung jumlah jahitannya. Jika sisi yang pertama terdapat 4 jahitan tetapi pada sisi yang lainnya terdapat 5 jahitan, maka mereka akan mengembalikan barang tersebut lagi. (Hmmm… nambah pengetahuan juga nih dalam memilih barang).

Saat ini Bernard Arnault dinobatkan sebagai orang terkaya ke-4 di dunia dengan nilai total kekayaan berkisar US$ 41 Miliar atau setara dengan Rp 369 Triliun.

 

5. Amancio Ortega (US$ 37,5 Miliar = Rp 319,5 Triliun)

Amancio Ortega Gaona lahir pada tanggal 28 Maret 1936. Pria asal Spanyol ini lebih banyak berbisnis di bidang Fashion. Ortega tiba di A Coruna, Spanyol pada usia 14 tahun dikarenakan tugas ayahnya yang adalah seorang pekerja kereta api.

Pada mulanya Amancio bekerja sebagai pesuruh di berbagai toko-toko baju di A Coruna. Pada tahun 1972, dia mendirikan Confecciones Goa yang membuat jubah mandi. Merek-merek terkenal seperti Zara, Massimo Dutti, Oysho, Zara Home, Kiddy’s Class, Tempe, Stradivarius, Pull and Bear/Sering dan Bershka. Bahkan merek ZARA saat ini sering menjadi sasaran pemalsuan di beberapa negara-negara berkembang seperti Indonesia. Saat ini Amancio Ortega telah memiliki lebih dari 14.000 karyawan.

Dan pada saat ini Amancio Ortega menempati posisi ke-5 dalam daftar orang terkaya di dunia dengan jumlah kekayaan US$ 37,5 Miliar setara dengan Rp 319,5 Triliun.

 

6. Larry Ellison (US$ 36 Miliar = Rp 324 Triliun)

Lawrence Joseph “Larry” Ellison lahir pada tanggal 17 Agustus 1944 di New York City (wahhh setahun sebelum kemerdekaan Indonesia).

Larry adalah pendiri dan CEO Oracel Corporation, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang perangkat lunak. Larry mendirikan Oracle pada tahun 1977 dengan hanya memasang dana sekitar US$ 1400 (Rp 12.600ribu), dibawah nama Software Development Laboratories (SDL).

Saat ini Larry Ellison menempati posisi orang terkaya ke- 6 di dunia dengan nilai total kekayaan US$ 36 Miliar atau sekitar Rp 324 Triliun.

 

7. Eike Batista (US$ 30 Miliar = Rp 270 Triliun)

Pria kelahiran 3 November 1956 ini masuk ke daftar orang terkaya di dunia berkat industri migas dan pertambangan miliknya.

Pengusaha asal Brazil yang memiliki nama lengkap Eike Fuhrken Batista ini mengawali karirnya sebagai seorang pengusaha pada tahun 1980 dengan bergabung dengan perusahaan tambang asal Canada bernama TVX Gold. Eike Batista bukanlah seorang sarjana, karena dia sempat di DO (Dropped Out) dari kampusnya. Kini dia memimpin perusahaannya sendiri yaitu Vale Mining Corp.

Pada saat ini Eike Batista menempati posisi ke- 7 dalam daftar Orang Terkaya di dunia dengan nilai total kekayaan US$ 30 Miliar atau sekitar Rp 270 Triliun.

8. Stefan Persson (US$ 26 Miliar = Rp 234 Triliun)

Stefan Persson lahir pada tanggal 4 Oktober 1947.

Pengusaha asal Swedia berusia 64 tahun ini total kekayaannya mencapai angka US$ 26 miliar atau sekitar Rp 234 Triliun. Perusahaan yang membuat ia masuk ke daftar ini adalah H&M, perusahaan yang bergerak di bidang busana.
Dan saat ini Stefan Persson dinobatkan sebagai orang terkaya ke- 8 di dunia.
9. Li Ka-shing (US$ 25,5 Miliar = Rp 229,5 Triliun)
Pria kelahiran 13 Juni 1928 ini merupakan pebisnis asal Hongkong. Li Ka Shing sebenarnya memulai semuanya dari sebuah “keterpaksaan”. Ia berasal dari sebuah keluarga miskin yang oleh karena perang, harus pindah dari China ke Hong Kong. Saat itu, ia tinggal di rumah pamannya yang lebih kaya. Karena dianggap remeh oleh keluarga pamannya, Li Ka-shing bertekad kuat untuk bisa mandiri. Tekad itu menjadi kenyataan setelah ayah Li meninggal dunia. Sebagai anak tertua, Li kemudian memikul tanggung jawab dengan menjadi tulang punggung keluarga. Padahal, saat itu Li baru menginjak usia 15 tahun. Pada usia yang sangat belia, Li kemudian mendapat pekerjaan sebagai buruh di sebuah pabrik plastik.
Tekad kuat, semangat baja, dan kemauan keras untuk merubah nasib membuat Li harus bekerja 16 jam sehari kala itu.
Pada saat ini Li Ka-shing dinobatkan menjadi orang terkaya ke- 9 di dunia dengan nilai total kekayaan US$ 25,5 Miliar atau setara dengan Rp 229,5 Triliun.
10. Karl Albrecht (US$ 25,4 miliar = Rp 228,6 Triliun)
Karl Albrecht merupakan pebisnis tertua yang masuk di daftar ini. Usianya sekarang 92 tahun, total kekayaannya mencapai US$ 25,4 miliar atau setara dengan Rp 228,6 Triliun.
Demikianlah 10 orang terkaya di dunia tahun 2012 versi Forbes.
Ada yang berkata “Jika kita ingin menjadi sukses, maka kita harus terlebih dahulu meneladani & mengetahui hidup dan kisah-kisah sukses para orang-orang yang telah menjadi sukses sebelumnya. Bukan untuk berkhayal-khayal tapi hal itu dilakukan dengan maksud berharap setiap pembaca nya bisa termotivasi untuk menjadi sukses.
Selain Orang terkaya di dunia, Forbes juga mengeluarkan Orang terkaya di Indonesia.
Klik link dibawah ini jika ingin melihat :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: