Tips Cara Memilih Laptop Yang Baik Agar Tidak Mengecewakan

Sering kali orang bertanya kepada saya,

Bagaimana cara memilih laptop yang baik agar tidak mengecewakan ?

Mungkin anda juga pernah ditanya atau malah bertanya tentang itu saat anda atau ada kerabat anda ingin membeli sebuah laptop.

Pada artikel ini akan kita bahas beberapa tips dalam memilih laptop yang baik. Tapi dalam artikel ini saya hanya memberikan solusi minimal agar tidak mengecewakan. Tapi jika anda memiliki dana lebih maka anda boleh membeli laptop yang lebih tinggi spesifikasi nya dari yang akan saya sebutkan.

1. Tentukan Kebutuhan Anda
Sebelum anda membeli sebuah laptop, maka ada baiknya anda terlebih dahulu memikirkan kebutuhan anda akan kegunaan laptop tersebut.
Contoh : Untuk penggunaan pengolahan data surat-menyurat atau perkantoran biasa yang cenderung menggunakan aplikasi Microsoft Office saja atau bisa juga Untuk penggunaan gaming atau aplikasi-aplikasi pengolahan gambar / video / suara.
2. Tentukan Merk Laptop
Langkah selanjutnya adalah menentukan Merk Laptop yang anda inginkan.
Saran saya : Pilihlah merk laptop yang sudah terkenal akan ketahanannya (tidak mudah rusak). Berdasarkan pengalaman saya dan cerita-cerita dari orang lain, merk Laptop yang lebih unggul adalah Toshiba dan Lenovo. Lenovo terkenal akan ketahanan umur baterai yang sangat awet dan Lenovo merupakan merk terusan dari IBM (salah satu pemrakarsa komputer awal).
3. Tentukan Spesifikasi Laptop Yang Sesuai Kebutuhan Anda
Berdasarkan poin no. 1 maka anda dapat menentukan spesifikasi laptop yang sesuai kebutuhan anda.
– Jika anda hanya ingin melakukan pengolahan data surat-menyurat atau perkantoran biasa yang cenderung menggunakan applikasi Microsoft Office
Saran saya pilihlah yang spesifikasinya minimal seperti dibawah ini :
=> RAM minimal 2 GB DDR3
=> Harddisk minimal 500 GB
=> Processor minimal Core 2 Duo
– Jika anda membutuhkan laptop untuk penggunaan gaming atau aplikasi-aplikasi pengolahan gambar / video / suara.
Saran saya, anda dapat membeli laptop dengan spesifikasi lebih tinggi dari yang saya sebutkan diatas dan pilih laptop yang menggunakan VGA.
4. Tentukan Operating System (OS)
Untuk spesifikasi yang saya sebutkan diatas maka anda dapat memilih Operating System minimal Windows 7.
Jika anda ingin menggunakan Windows 8 maka alangkah lebih baik jika anda memilih laptop dengan spesifikasi yang lebih tinggi dari yang saya sebutkan diatas untuk memperoleh hasil yang lebih baik dan cepat alias gak lelet atau kebanyakan NOT RESPONDING (Walaupun sebenarnya dengan spesifikasi seperti yang saya sebutkan diatas, anda sebenarnya sudah bisa menggunakan Windows 8 juga).
5. Cek Keadaan Fisik Laptop
Saat anda membeli laptop jangan lupa untuk cek keadaan fisik laptop dan tanyakan perihal garansi kepada pihak toko.
6. Saran Tambahan
– Jika anda ingin menggunakan laptop untuk keperluan apa saja saya sarankan untuk memilih laptop dengan ukuran layar min. 14″ (inch) karena tidak semua aplikasi support kepada laptop dengan layar kecil.
– Tetapi jika anda hanya ingin menggunakan laptop untuk penggunaan aplikasi Microsoft Office atau sekedarnya saja, maka anda bisa memilih laptop dengan layar kecil.

Mungkin hanya itu tips cara memilih laptop yang baik dari saya agar anda tidak menyesal dikemudian hari.

Tips dan spesifikasi diatas saya bagikan ini adalah buah pikiran saya berdasarkan keadaan aplikasi-aplikasi komputer pada tahun 2015 ini. Seiring berjalannya waktu dan perkembangan teknologi, aplikasi-aplikasi akan semakin berkembang sehingga membutuhkan laptop / komputer yang semakin tinggi pula. Dan tips diatas adalah tips minimal bagi anda yang ingin membeli laptop dengan dana yang tidak banyak tetapi tidak ingin kecewa akan performa laptop anda kelak.

Sekian tips dari saya.

Selamat menggunakan guys.

Leave a Reply

