Deskripsi Client Server

Karakteristik client-server menggambarkan hubungan program bekerja sama dalam sebuah aplikasi. Komponen server menyediakan fungsi atau jasa untuk satu atau banyak klien, yang melakukan permintaan untuk layanan tersebut.

Fungsi seperti pertukaran email, akses web dan akses database, yang dibangun pada model client-server. Pengguna mengakses layanan perbankan dari komputer mereka menggunakan web browser klien untuk mengirim permintaan ke web server di bank. Bahwa program pada gilirannya meneruskan permintaan ke database sendiri program klien yang mengirimkan permintaan ke server database di komputer bank lain untuk mengambil informasi account. Keseimbangan dikembalikan ke database klien bank, yang pada gilirannya berfungsi kembali ke klien web browser menampilkan hasilnya ke pengguna. Model client-server telah menjadi salah satu ide sentral komputasi jaringan. Banyak aplikasi bisnis yang ditulis hari ini menggunakan model klien-server. Jadi jangan protokol aplikasi utama Internet, seperti HTTP, SMTP, Telnet, dan DNS.

Interaksi antara klien dan server sering digambarkan dengan menggunakan diagram urutan. Sequence diagram dibakukan dalam Unified Modeling Language.

Tipe tertentu dari klien termasuk web browser, klien email, dan klien chat online.

Tipe tertentu dari server termasuk server web, server ftp, server aplikasi, database server, nama server, mail server, file server, print server, dan server terminal. Sebagian besar layanan web juga jenis server.

Leave a comment